Research

46 views

Manajemen Risiko Pertemuan

sa
of 15
All materials on our website are shared by users. If you have any questions about copyright issues, please report us to resolve them. We are always happy to assist you.
Share
Tags
Transcript
  MANAJEMEN RISIKO  PENGERTIAN RISIKO  Risiko (Arthur & Richard, M.H) adalah suatu variasi dari hasil-hasil yang dapat terjadi selama periode tertentu.  Risiko (Soekarto) adalah ketidakpastian atas terjadinya suatu peristiwa.  Risiko (Herman Darmawi) adalah probabilitas sesuatu hasil/outcome yang berbeda dengan yang diharapkan.  KETIDAKPASTIAN  Risiko timbul karena ada ketidakpastian.  Kondisi yang tidak pasti karena beberapa sebab:  Tenggang waktu antara perencana suatu kegiatan sampai akhir kegiatan.  Keterbatasan informasi  Keterbatasan pengetahuan /kemampuan /teknik pengambilan keputusan  MACAM RISIKO MENURUT SIFATNYA  Risiko murni adalah risiko yg apabila terjadi tentu menimbulkan kerugian & tanpa disengaja, misalnya: kebakaran, bencana alam, pencurian  Risiko spekulatif adalah risiko yang sengaja ditimbulkan oleh yang bersangkutan, agar terjadi ketidakpastian memberikan keuntungan kepadanya, misalnya: risiko hutang piutang, perjudian  MACAM RISIKO MENURUT SIFATNYA  Risiko fundamental adalah risiko yang penyebabnya tidak dapat dilimpahkan kepada seseorang & yg menderita tidak hanya satu misalnya: banjir, angin topan  Risiko khusus adalah risiko yang bersumber pada peristiwa mandiri & umumnya mudah diketahui penyebabnya, misalnya: kapal kandas, peswat jatuh  Risiko dinamis adalah risiko yang timbul karena kemajuan masyarakat dibidang ekonomi, ilmu & teknologi. Kebalikannya Risiko statis seperti hari tua, risiko kematian
We Need Your Support
Thank you for visiting our website and your interest in our free products and services. We are nonprofit website to share and download documents. To the running of this website, we need your help to support us.

Thanks to everyone for your continued support.

No, Thanks